Share

  • Twitter
  • Facebook
  • Pinterest

Apa yang terjadi pada kulit Anda tanpa perlindungan UV

Anda tentu sering mendengar nasihat untuk selalu menggunakan tabir surya, namun tahukah Anda alasannya? Inilah efek sinar matahari ke kulit polos tanpa perlindungan.

Fakta: Anda perlu menggunakan tabir surya setiap hari. Fakta lain: ada hari-hari di mana Anda merasa boleh saja melewatkan tabir surya. Kami tidak suka menjadi pembawa kabar buruk, namun sayangnya kerusakan karena sinar matahari terjadi kapan saja. Kulit Anda akan selalu rentan terhadap kerusakan yang ditimbulkan sinar UV bahkan pada hari-hari yang paling mendung sekali pun.

Untuk mengobarkan semangat dan komitmen Anda memakai tabir surya setiap hari, berikut ini gambaran singkat dampak terparah sinar matahari pada kulit Anda.

SK-II R.N.A. Power Cream / pelembab wajah

R.N.A.POWER Radical New Age

Pelembap yang lembut untuk tampak memukau dan tampak lebih muda

Kulit Anda memiliki lapisan pelindung alami yang tak dapat ditembus, dirancang untuk mencegah hilangnya kelembapan sekaligus menangkal mikroorganisme atau zat pengganggu dari luar agar tidak masuk ke kulit. Sebagian besar perlindungan ini berasal dari sel kulit mati dan lipida, lemak alami dalam lapisan ini yang menyelimuti kulit Anda. Sinar UV mampu mengoksidasi lipida dan melemahkan lapisan pelindung kulit Anda secara menyeluruh.


Siapa yang tidak suka dengan kulit yang tampak sehat karena sinar matahari? Sayangnya, rona kulit tersebut yang akan berpasangan sempurna dengan rambut berombak ini sebenarnya adalah hasil pertahanan diri kulit Anda. Paparan UV memicu produksi melanin, pigmen yang menyerap radiasi dan bertindak sebagai payung alami untuk sel kulit. Hal ini menyebabkan perubahan rona kulit karena matahari yang jelas terlihat dan potensi terbentuknya bintik-bintik hitam. Dengan kata lain, ketika kulit Anda menjadi kecokelatan, kulit sedang berusaha melindungi dirinya dari kerusakan yang lebih lanjut.

Namun, sel-sel yang memproduksi melanin berada pada lapisan kulit yang lebih dalam, yang artinya, pada saat sinar UV yang berbahaya mencapai sel-sel ini, lapisan kulit di atasnya telah rusak.

Gunakan tabir surya Anda dengan rutin setiap hari dan kulit Anda akan berterima kasih untuk itu dalam jangka panjang. 



Kita menerima penuaan sebagai proses alami seiring berjalannya waktu, tetapi tahukah Anda bahwa sinar UVA dan UVB merupakan 80% penyebab ekstrinsik penuaan kulit? Faktanya, studi telah menunjukkan bahwa kurang dari 20% penuaan kulit berasal dari faktor intrinsik seperti genetis, artinya bahwa seberapa cepat kulit Anda menua lebih dipengaruhi oleh paparan sinar matahari daripada kondisi alami tubuh Anda.

Delapan puluh persen penyebab ekstrinsik penuaan kulit adalah sinar UVA dan UVB.

Kolagen (bersama dengan asam hialuronat dan elastin) merupakan protein penting dalam kulit Anda, yang berperan utama dalam membentuk kulit yang tampak sehat. Fungsi utamanya adalah membuat kulit kuat dan elastis. Paparan sinar matahari melemahkan kolagen, yang mempercepat kerusakan protein penting ini. Dari riset yang dilakukan pada kulit yang rusak, diketahui bahwa sinar matahari mengakibatkan kandungan kolagen di dalamnya menjadi lebih sedikit dibanding kulit yang tampak sehat. Dengan berkurangnya kolagen, penampilan kulit Anda menjadi lebih cepat menua dan mulai muncul kerut di kulit serta kendur.



Bagian paling mengerikan dari paparan sinar UV adalah kerusakan sel yang nyaris langsung terjadi. Kerusakan DNA dari paparan sinar matahari terjadi hanya dalam hitungan detik, yang artinya berjalan beberapa langkah ke mobil Anda di siang hari yang panas bisa jauh lebih berbahaya daripada yang Anda kira. Faktanya, sebuah 
penelitian yang terpublikasi menemukan bahwa kerusakan dari paparan singkat itu bisa berlangsung selama berjam-jam setelah reaksi spontan itu.

Paparan sinar UV tanpa pelindung menghasilkan radikal bebas di kulit Anda. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang mengganggu sel-sel sehat, yang menimbulkan reaksi berantai yang menyebabkan kerusakan sel. Dalam kasus yang ekstrem, radikal bebas mampu mengubah materi genetis sel Anda sedemikian rupa sehingga dapat memicu kanker. Itulah alasan mengapa risiko kanker kulit lebih tinggi pada wanita berkulit terang di negara dengan sinar matahari yang intensif.

Untungnya, perlindungan terhadap sinar matahari cukup mudah. Berikut ini sejumlah cara agar Anda bisa meningkatkan level pemakaian SPF Anda sehingga kulit tetap sehat.

Anda tidak suka tabir surya yang terasa berat dan lengket? Cari tabir surya berbentuk emulsion untuk hasil akhir yang lebih ringan.



  • Gunakan tabir surya yang mengandung minimal SPF30 dengan tingkat PA++ – setiap hari, tanpa kecuali. SPF mengukur perlindungan terhadap sinar UVB, sedangkan nilai PA mewakili perlindungan sinar UVA.

  • Gunakan tabir surya minimal 15 menit sebelum Anda keluar rumah. Jangka waktu tersebut adalah durasi yang diperlukan kulit Anda untuk menyerap tabir surya dan melindunginya dari sinar UV.

  • Gunakan produk khusus pelindung UV, jangan bergantung pada SPF dalam makeup dasar atau bedak tabur Anda. Riset menunjukkan bahwa jumlah SPF yang diperlukan untuk mencapai perlindungan yang dijanjikan dalam produk tersebut akan jauh lebih banyak dari jumlah yang benar-benar Anda gunakan.

  • Gunakan lagi tabir surya Anda setiap dua jam.Anda menggunakan makeup? Tabir surya dalam bentuk semprot dan bedak adalah cara yang mudah untuk menggunakan ulang dan memperbaiki SPF Anda di siang hari. Pastikan Anda menggunakan cukup produk untuk menutup semua area kulit yang terpapar.

  • Sinar matahari paling menyengat berlangsung dari jam 10.00 hingga 14.00. Jika Anda harus berada di luar ruangan selama jam-jam ini, cari tempat berteduh, lapisi perlindungan UV Anda dengan tabir surya SPF50 dan PA +++, gunakan topi lebar, dan pakaian yang menutup sebanyak mungkin area kulit Anda.

Ikuti perawatan kulit rutin setiap hari untuk mendapatkan kulit yang cerah bebas noda.

Facial Treatment Essence

Produk ikonik kami, PITERATM Essence, dibuat untuk kulit tampak sebening kristal.

Atmosphere CC Cream SPF 50 PA++++

Tabir surya ringan SPF50 PA++++ dengan sedikit warna yang melindungi kulit dari kerusakan akibat UV dengan sentuhan akhir tanpa noda.

Atmosphere Airy Light UV Emulsion SPF 30 PA+++

Tabir surya bertekstur ringan dengan perlindungan SPF30PA+++ yang menjaga lapisan kulit dari kerusakan karena bahan-bahan aktif yang ada di lingkungan sekitar seperti UV dan IR.Screen reader support enabled.

Atmosphere Airy Light UV Cream SPF 50 PA++++

Tabir surya berteksur ringan dengan perlindungan hebat SPF50+ PA+++ yang menjaga lapisan kulit dari kerusakan karena bahan-bahan aktif yang ada di lingkungan sekitar seperti UV dan IR.