Share

  • Twitter
  • Facebook
  • Pinterest

Melawan kulit kendur dan meraih kulit yang kencang dan singset

Penyebab kulit kendur dan cara mengatasinya.

Yumi Narasaki

Penulis Bidang Kecantikan dan Kosmetik

“Meskipun berat badan saya tidak mengalami perubahan, saya melihat kulit sekitar dagu saya mulai kendur. Kontur wajah saya menjadi kurang tegas dan sedikit kendur. ”Ini lazim terjadi seiring dengan bertambahnya usia, namun bisa juga menimpa mereka yang masih berusia 20-an sebagaimana yang telah kami rekam dalam komentar berikut: “Saya kaget melihat garis tawa saya ketika membuka masker wajah!”, “Kesal sekali rasanya melihat garis-garis wajah saya di monitor ketika melakukan rapat online… ”Garis-garis ini muncul karena menurunnya kekenyalan kulit.



Kulit kencang adalah kulit yang kulit yang kencang dan elastis. Bagaimana cara menguji apakah kulit Anda kencang? Seperti yang Anda rasakan ketika Anda menekan bola yang kenyal dengan jari, kulit yang kenyal akan fleksibel dan kembali ke bentuk semula sehingga tidak akan ada bekas bantal jika Anda tidur dengan memiringkan tubuh dan wajah, sedikit kerut halus ketika tertawa, dan secara umum kulit Anda akan kembali ke bentuk semula. Kolagen dan elastin adalah dua protein penting yang mendukung kekencangan kulit. Ketebalan lapisan epidermis kulit juga berpengaruh pada kekenyalan dan kekencangan kulit.

R.N.A POWER Radical New Age

Pelembap yang lembut untuk tampak memukau dan tampak lebih muda

Ada mitos umum yang mengatakan bahwa kulit seseorang akan mulai mengendur ketika mereka berusia 40 atau 50-an karena pengaruh penuaan. Namun, riset telah membantah hal ini. Penelitian panjang SK-II tentang penuaan kulit di Prefektur Akita, Jepang, telah menunjukkan tanda awal penuaan bukanlah penambahan bintik hitam atau kelembapan kulit yang menurun; namun hilangnya kekenyalan kulit. Menurunnya kekenyalan kulit membuat kulit kendur, yang merupakan penyebab utama kulit kusam dan pori-pori yang terlihat jelas. Bukanlah hal yang kebetulan jika kulit kusam dan pori-pori besar juga dianggap tanda-tanda penuaan. Hasil pengamatan seperti "kulit saya seperti menyusut dan kempes di sore hari" dan "kulit saya terasa lelah di malam hari" merupakan akibat menurunnya kekenyalan kulit. Semua ini benar, bahkan untuk mereka yang masih berusia 20-an!

Kolagen mendukung kekencangan kulit dan puncak produksinya secara alami terjadi pada usia 20-an. Di luar periode usia ini, penurunan fungsi fibroblast (sel pembentuk jaringan ikat) kulit menyebabkan berkurangnya produksi kolagen. Pada saat yang sama, sakarifikasi (proses pemecahan karbohidrat kompleks menjadi gula sederhana) memengaruhi kolagen dan menyebabkan kulit menurun kondisinya, sehingga kehilangan kekencangan dan kekenyalannya. Elastin, protein yang bertanggung jawab membantu kulit mekar, meregang, dan kembali ke bentuk semula, juga berkurang dengan menurunnya fungsi fibroblast kulit. Hasilnya, kulit menjadi kaku dan kehilangan kekenyalannya. Secara pelan-pelan, kulit akan kehilangan kekencangannya dan mulai kendur.

Facial Treatment Essence

Produk ikonik kami, PITERATM essence, dibuat untuk kulit tampak sebening kristal

Efek nyata penuaan terlihat di tempat awal mulanya yaitu lapisan dermis terluar kulit, yang juga disebut stratum corneum. Pada saat yang sama, jaringan kulit yang lebih dalam juga mulai mengalami penuaan. Dengan ritme pergantian sel kulit yang tidak seimbang, kehilangan kadar kelembapan akan mengakibatkan pengerasan dan penebalan. Yang terjadi pada lapisan kulit yang lebih dalam, sel-sel akan mulai menyusut. Dengan menurunnya ukuran sel, lapisan tersebut akan terus menipis. Hasil akhirnya adalah permukaan kulit tidak hanya menjadi keras dan kasar, namun juga tipis dan tidak lagi terasa kenyal.

Paparan sinar UV menyumbang 80% penyebab penuaan dengan kerusakan yang signifikan. Gelombang UV-A yang menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam akan merusak kolagen dan elastin dan efek kumulatifnya memiliki dampak negatif jangka panjang pada kesehatan kulit. Ini adalah hal serius yang sebagian besar kita, terutama anak muda, tidak menyadari atau tidak menganggapnya serius.

Tubuh manusia terdiri atas lebih dari 60% air dan dari ini 15% terpusat di kulit yang merupakan organ terbesar tubuh kita. Karena itu, jika Anda mengalami dehidrasi, tubuh tidak bisa menjaga kekencangan dan kelembapan kulit dengan baik. Dengan demikian, salah satu aturan terpenting perawatan kulit adalah mengonsumsi cukup air sepanjang hari. Untuk menjaga kulit Anda agar terhidrasi dari dalam, kami sarankan Anda sering meminum air dalam jumlah kecil dibanding sekali minum dalam jumlah besar. Cara ini akan membantu kulit Anda tetap lembap dan kencang!

Karena baik kolagen maupun elastin adalah protein, mereka peka terhadap dampak sakarifikasi dan mudah terpecah. Anda mungkin pernah mendengar ucapan seperti "Saya lebih suka melewatkan makan dan langsung ke makanan penutup!", namun tindakan seperti itu meningkatkan risiko dampak sakarifikasi! Asupan makanan dan minuman manis dalam jumlah besar ketika mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat adalah penyebab utama sakarifikasi. Hasilnya adalah kolagen dan elastin tubuh mengeras dan menjadi kaku, yang berakibat pada hilangnya kekenyalan kulit. Hasil dari uji in-vitro menunjukkan bahwa sakarifikasi menekan produksi kolagen dan elastin dalam tubuh; ini berarti, makanan dengan kandungan gula tinggi tidak hanya berbahaya bagi Anda, tetapi juga dapat merusak kulit!

Kita telah membahas proses terjadinya penurunan kekencangan kulit yang terjadi pada mereka yang masih muda, tetapi ada masalah yang menjangkiti generasi ini yaitu melemahnya otot-otot wajah. Ini disebabkan oleh penggunaan secara berlebihan perangkat digital seperti smartphone dan tablet pada platform komunikasi elektronik (email, media sosial, dll.) yang telah menggeser interaksi tatap muka secara tradisional. Hal ini telah mengurangi kesempatan menggunakan gerakan otot-otot mulut dan wajah untuk menghasilkan ucapan dan/atau ekspresi emosional. Ini juga merupakan alasan semakin dalamnya lipatan nasolabial (lipatan kulit yang membujur dari tiap sisi hidung ke ujung mulut, yang juga disebut 'garis tawa') karena kebiasaan dan gaya hidup mereka yang memicu mengendurnya kulit wajah mereka. Bekerja berjam-jam dari rumah menggunakan perangkat digital, mengenakan masker wajah untuk keselamatan ketika berada di luar rumah, menatap layar perangkat yang mengeluarkan sinar biru yang serupa dengan radiasi UV merupakan faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan di lapisan dermis. Sebagai orang muda, mereka mungkin masih memiliki postur yang cukup kecil dan ramping, tetapi kontur wajahnya tampak tidak seperti kontur wajah orang seusia mereka. Dengan konferensi video dan panggilan video online yang begitu jamak akhir-akhir ini, realita bahwa mereka dilihat dari dekat oleh orang lain membuat mereka sadar untuk mencari solusi masalah ini.

Ingatkan diri sendiri untuk cukup minum air putih secara rutin sepanjang hari dan bukan minum banyak dalam sekali waktu. Mengonsumsi air putih dengan cara ini, bahkan sebelum Anda merasa haus, akan menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dan bisa menjaga kekencangan kulit Anda. Untuk melembapkan lapisan luar kulit Anda, gunakan pelembap dengan rutin! Penggunaan pelembap yang cukup mendukung daya tahan kulit sehat dan membuat lapisan dermis bisa memperbarui diri terus-menerus. Dengan cara ini, kulit Anda tidak hanya akan menjadi halus dan kenyal, namun juga kencang dan kenyal disentuh!

Kami sarankan Anda menggunakan produk perawatan kulit yang dikembangkan khusus untuk kekencangan kulit karena produk ini juga akan membantu meningkatkan kekenyalan dan memperbaiki warna kulit secara menyeluruh. Melatih otot-otot wajah juga sebaiknya dilakukan untuk menjaga agar kulit tetap kencang dan singset. Gerakan sederhana seperti menggerakkan mulut, membuat ekspresi wajah yang beragam, dan melakukan gerakan yang lebih luas, memiliki dampak terhadap kesehatan karena meningkatkan sirkulasi darah di wajah Anda. Pijatan yang lembut juga bermanfaat namun usahakan agar pijatan itu tetap ringan dengan menekan wajah menggunakan jari. Ingat bahwa menggosok atau segala tindakan mengandung gesekan yang kuat bisa merusak kolagen di kulit Anda.

Karena paparan sinar UV terjadi di segala musim, dan ketika Anda berada di dalam maupun luar rumah, sebaiknya gunakan tabir surya setiap hari, sepanjang tahun. Produk tabir surya dengan SPF30 PA+++ (atau lebih tinggi) merupakan syarat minimal untuk mengurangi kerusakan yang diakibatkan gelombang A sinar UV. Tabir surya tidak hanya membantu melindungi kulit Anda dari proses penggelapan yang memicu terbentuknya bintik-bintik hitam, flek hitam, dan kulit kusam, namun juga akan melindungi agar kulit Anda tidak kendur dan kehilangan kekencangan.

Atmosphere Airy Light UV Cream SPF50+ PA++++

Tabir surya berteksur ringan dengan perlindungan hebat SPF50+ PA+++ yang menjaga lapisan kulit dari kerusakan karena bahan-bahan aktif yang ada di lingkungan sekitar seperti UV dan IR

Karena sekarang Anda sudah memahami dampak sakarifikasi pada kulit, luangkan waktu untuk mengevaluasi kembali pola makan Anda. Anda tidak harus melakukan tindakan drastis dengan menyingkirkan semua gula dan karbohidrat dari makanan Anda, tapi akan sangat bermanfaat untuk memiliki makanan sehat yang seimbang yang terdiri atas protein, biji-bijian, sayur dan buah. Jika Anda ingin menikmati camilan, pilih yang lebih sehat seperti kacang-kacangan dan buah, bukan makanan manis. Namun demikian, ingat bahwa buah bisa kaya akan vitamin tetapi konsumsi berlebih juga meningkatkan tingkat gula dalam tubuh. Kebiasaan lain yang penting untuk ditanamkan adalah memiliki pola tidur yang teratur dan berkualitas. Lama istirahat Anda di malam hari menentukan proses pemulihan dan regenerasi kulit Anda dari kerusakan yang diakibatkan oleh stres dan sinar UV di siang hari. Jangan biarkan langganan video atau drama TV favorit Anda mengganggu tidur nyenyak Anda!



Setelah lipatan nasolabial muncul lebih jelas dibanding sebelumnya, semakin dalamnya merupakan indikasi bahwa kulit Anda mulai kehilangan kekencangan! Membiarkannya tanpa perawatan hanya akan menimbulkan kekenduran yang lebih serius pada kulit Anda, dan bahkan keriput yang lebih dalam. Gunakan perawatan kulit yang tepat untuk mengembalikan kekenyalan kulit Anda agar kontur wajah Anda tetap terjaga dan tampil menawan!

Pilih produk kosmetik yang tepercaya untuk dapat menikmati kulit yang bersih, sehat, dan Nampak bercahaya!

Facial Treatment Essence

Gunakan lotion dan krim yang mengandung bahan-bahan pendukung kelembapan dan hidrasi kulit. Apa pun jenis kulit Anda, bahan hayati alami ikonik PITERA™ kami mendukung fungsi kulit yang sehat untuk mempersembahkan kepada Anda kulit yang kenyal dan Tampak Sebening Kristal.

R.N.A POWER Radical New Age

Lotion kecantikan untuk mengunci kelembapan, memberi Anda kulit yang kuat dan kencang. Tunjukkan kulit kuat dan awet muda Anda dengan serum anti-aging terlaris kami.


Yumi Narasaki

Penulis Bidang Kecantikan dan Kosmetik

Sebagai penulis bidang kecantikan dan kosmetik, Narazaki secara aktif terlibat dalam penelitian di bidang ini, dan memiliki minat khusus pada bagaimana kecanggihan teknologi dan tren baru memengaruhi industri ini. Narazaki adalah bagian dari tim editor VOCE, publikasi ternama di Jepang, dan salah satu kontributor online produktif untuk situs web kecantikan. Dia juga telah menulis beberapa publikasi di bidang kecantikan. Di waktu luangnya, Narazaki menikmati kegiatan di luar ruang dan terutama sekali kamping.