Share

  • Twitter
  • Facebook
  • Pinterest

Perawatan untuk kulit kering dan bernoda

Perawatan yang menghidrasi untuk kulit kering dan bernoda
Pelajari lebih lanjut tentang perawatan untuk melembapkan kulit yang kering dan bernoda.

Yumi Narasaki

Penulis Bidang Kecantikan dan Kosmetik

Kekeringan pada kulit bukanlah kondisi yang permanen namun kondisi ini muncul akibat perubahan cuaca dan faktor lingkungan lainnya. Kekeringan tidak hanya merusak perlindungan kulit tapi juga menurunkan tingkat kelembapan yang kemudian bisa berujung pada timbulnya inflamasi dan noda. Hindari kekeringan melalui hidrasi yang cukup dan pelembapan yang lebih baik – periksa perawatan pelembapan dalam rangkaian perawatan kulit Anda dan mulailah menikmati kulit yang lebih cantik dan sehat!

Penelitian SK-II mengenai cara memperoleh kulit segar bercahaya dan kenyal seolah menjadi titik terang bagi penyebab kekeringan pada kulit. Berikut hasil penelitian utamanya:

Kelembapan udara kerap berubah sepanjang hari, seperti halnya kandungan kelembapan pada kulit Anda yang tidak selalu konstan dari pagi hingga petang. Pagi hari adalah saat di mana kulit Anda terasa paling kenyal dan kandungan kelembapannya secara bertahap akan terkuras seiring hari beranjak siang.

Beberapa alasan penurunan kelembapan merupakan
kombinasi dari hal-hal yang tertera di bawah ini:

  • Paparan terhadap lingkungan yang kering dan ber-AC

  • Stres fisik dan psikologis

  • Kerusakan oksidasi karena paparan UV

Karena kondisi ini hampir tidak bisa dihindari di kehidupan sehari-hari, perawatan pelembapan menjadi andalan dalam mencegah kekeringan.

Selama musim dingin, kulit menjadi lebih kering akibat suhu dan kelembapan udara yang lebih rendah. Di musim panas, sebaliknya, walaupun kita mengalami kekeringan pada kulit, kita merasa kulit menjadi lebih lengket. Ini disebabkan oleh sekresi sebum yang lebih tinggi selama bulan-bulan musim panas, yang menyebabkan permukaan kulit terasa lengket. Tidak hanya itu, sinar UV yang lebih kuat di hari-hari musim panas, seiring dengan variasi suhu yang ekstrem antara di dalam ruangan ber-AC dan di luar ruangan yang begitu terik, bisa menyebabkan aneka kerusakan. Ini semua memengaruhi perlindungan kulit, yang membuatnya semakin peka terhadap kekeringan.

PITERATM First Experience Kit

Dapatkan Kulit Tampak Sebening Kristal dengan rangkaian pemula 3 langkah yang berisi produk terlaris kami

Data statistik menunjukkan bahwa jika kita hanya tidur lima jam setiap malam selama tiga hari berturut-turut, kandungan air dalam kulit akan menurun hingga 17%. Jumlah ini setara dengan 13 kali lipat jumlah air yang hilang pada kondisi kulit normal! Maka pastikan Anda mendapatkan tidur berkualitas yang cukup demi menikmati kulit yang cantik.

Alkohol menimbulkan dehidrasi dan merusak kulit. Selain tidak dimetabolisme oleh tubuh, alkohol juga mengganggu fungsi perlindungan kulit dan kemampuan untuk memelihara kelembapan. Sebenarnya, kulit Anda akan mulai merasakan dehidrasi setelah tiga puluh menit mengonsumsi alkohol! Terkait merokok, penghirupan asap tembakau menimbulkan stres oksidatif. Terciptalah ketidakseimbangan antioksidan dalam tubuh yang memicu kerusakan sel kulit. Akibatnya adalah kulit yang kering dan kusam, penuaan, dan kemunculan sejumlah penyakit lain seiring berjalannya waktu.

NMF dalam epidermis membentuk selaput pelindung, bersama dengan lipida di dalam sel seperti sebum dan ceramide, demi menjaga hidrasi yang cukup dan agar kulit tetap kenyal. Kita semula memiliki NMF yang banyak saat masih anak-anak yang kemudian menurun drastis seiring pertambahan usia. Hasilnya adalah penurunan kandungan air yang membuat kulit kehilangan elastisitasnya dan menjadi kusam. Maka, pelembapan ini penting untuk memelihara kemudaan kulit, yang terlihat dari kulit yang segar bercahaya.

  • Rasa kaku atau kering pada kulit Anda

  • Hilangnya kilau pada kulit, berkurangnya kekenyalan kulit

  • Makeup jadi kurang tahan lama dan mudah rusak

  • Kulit bersisik

  • Kulit terasa kasar saat disentuh

  • Muncul tanda-tanda jerawat dan/atau jerawat batu

Kulit yang kering cenderung kaku, kasar, dan kurang bercahaya. Kondisi ini menyebabkan tekstur kulit tidak merata sehingga membuat makeup yang telah diaplikasikan menjadi tidak tahan lama. Tidak hanya itu, kulit jadi lebih cepat bersisik dan kasar. Jika kekeringan ini terus berlanjut, perlindungan kulit akan rusak dan tidak lagi menjalankan fungsi perlindungannya. Akibatnya, kulit yang sensitif menjadi kasar dan sekresi dari kelenjar sebasea akan meningkat demi melawan kekeringan ini. Hasilnya adalah pori-pori tersumbat, yang berujung pada jerawat dan jerawat batu yang mengganggu.

Kandungan air yang terdapat pada lapisan kulit terluar cenderung memantulkan kelembapan udara lingkungan sekitar. Inilah sebabnya kelembapan udara yang rendah pada dinginnya musim gugur dan musim dingin, atau udara yang kering memperburuk kekeringan pada kulit. Bahkan selama bulan-bulan di musim panas, kita bisa merasakan dampak buruk udara yang kering saat menghabiskan lebih banyak waktu dalam ruangan ber-AC.

Facial Treatment Mask

Sheet mask favorit kita semua untuk Kulit Tampak Sebening Kristal

Kekeringan pada kulit mungkin disebabkan lingkungan atau oleh kerusakan kulit yang disebabkan oleh berkurangnya fungsi perlindungan karena penggunaan kosmetik. Akan tetapi, kecerobohan kita juga bisa menjadi penyebab kulit kering yang tidak diharapkan seperti halnya saat Anda menggosok wajah terlalu berlebihan ketika mencuci atau mengeringkan muka, atau terlalu kasar saat mengoleskan krim dan lotion pada kulit. Tindakan ceroboh ini tentu bisa merusak perlindungan kulit dan memicu terjadinya kulit kering.

Apakah Anda hanya menggunakan toner tanpa pelembap karena Anda tidak suka teksturnya yang lengket? Atau apakah Anda menghindari produk pembersih karena menyebabkan kulit Anda terasa kering? Bersikaplah jujur saat mengkaji ulang rangkaian perawatan kulit Anda! Penting untuk diingat bahwa perawatan yang tidak tepat akan memicu kondisi yang lengket dan kering sehingga pelembap sulit menembus permukaan kulit.

Perlindungan kulit kita, yang terdiri atas lapisan lipida, menjadi tameng permukaan kulit dan melindunginya dari alergen dan mikroba. Perlindungan sebum, yang membekali kulit dengan lipida sebasea, menjaga integritas fungsi perlindungan kulit ini. Namun, paparan sinar UV menyebabkan oksidasi dan menurunkan efektivitas fungsi perlindungannya.

Sel-sel kulit akan terus meregenerasi diri dan pembaruan ini menggantikan sel-sel kulit lama. Lalu mengapa tidur yang berkualitas itu penting bagi kesehatan kulit? Pola tidur kita memengaruhi hormon pertumbuhan dan saat frekuensi dan keseimbangan ritme ini terganggu, sekresi hormon pertumbuhan yang diperlukan bagi regenerasi dan perbaikan ikut terganggu. Kulit kering merupakan hasil dari sel dan jaringan kulit yang tidak diperbaiki sebagaimana mestinya.

Untuk mendukung regenerasi dan perbaikan sel yang sehat, diet yang seimbang menjadi penting. Makan tiga kali sehari penting karena tubuh membutuhkan pasokan nutrisi, dan tidak alih bergantung pada suplemen. Inilah sebabnya mengapa kulit seseorang yang sedang melakukan diet akan rentan menjadi kasar.

Kulit terbaik adalah kulit yang memiliki kelembapan dan sebum yang seimbang. Kondisi ini diperoleh saat rangkaian perawatan kulit dasar Anda meliputi penggunaan toner dan lotion yang melembapkan untuk membantu menciptakan perlindungan kulit.

Dengan adanya keharusan untuk memakai masker saat berada di luar ruangan atau saat berinteraksi dengan orang lain, sangat disarankan untuk mengoleskan lotion atau krim berbahan susu sebelum memakai masker untuk menambah perlindungan. Lapisan yang lembap ini membantu mencegah garukan dan goresan yang kadang terjadi saat memakai masker. Jika Anda merasa sulit bernapas saat mengenakan masker setelah memakai lotion atau krim ini, pertimbangkan untuk beralih pada lotion atau krim berbahan dasar air.

Saat mencuci muka, pastikan sabun Anda, baik itu yang berjenis foam, gel, atau krim, berbusa baik di wajah maupun telapak tangan Anda. Tepuk hingga kering secara perlahan dengan handuk lembut dan hindari menggosok wajah Anda. Lanjutkan dengan kapas yang telah diberi toner serta lotion, gerakkan secara perlahan di wajah Anda dengan gerakan melingkar.

Anda pasti pernah mendengar bahwa memakai tabir surya membuat kulit kasar – itu mitos! Segala bentuk tindakan perlindungan terhadap matahari adalah tindakan perlindungan kulit untuk mengurangi kerusakan akibat paparan sinar UV. Sinar UV adalah penyebab kulit kita menjadi kering dan kasar.

Dengan adanya perubahan cuaca, khususnya di awal musim semi atau musim panas di mana sinar UV sedang kuat-kuatnya, kondisi kulit tentu akan terpengaruh. Kami sangat merekomendasikan pelembap menjadi bagian tak terpisahkan dari rangkaian perawatan kulit Anda, tidak hanya di musim semi dan musim panas, tapi di sepanjang tahun. Selalu ingat bahwa saat memilih tabir surya, Anda disarankan memilih tabir surya yang mengandung bahan pelembap yang akan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan yang lebih lanjut.

Walaupun tidur 7 jam setiap malam sudah ideal, ini adalah kemewahan yang tidak bisa dinikmati setiap orang. Salah satu alternatifnya adalah fokus pada kualitas tidur itu sendiri. Beberapa cara untuk meningkatkan kualitas tidur antara lain:

  • Mandi air panas yang merelaksasi

  • Menahan diri untuk tidak menggunakan telepon genggam atau perangkat elektronik lain setidaknya satu jam sebelum jam tidur

  • Lingkungan yang kondusif untuk beristirahat

Diet seimbang yang terdiri atas beragam buah dan sayur akan meningkatkan asupan vitamin dan mineral alami untuk mendorong regenerasi sel kulit. Diet kaya protein yang meliputi ikan, daging tak berlemak, dan produk kedelai mampu memelihara kulit yang sehat.

Gaya hidup yang ideal tentu tercermin dari tidur berkualitas yang cukup diikuti dengan makanan yang seimbang dan bergizi tinggi. Bahkan jika ini tidak mungkin, perawatan diri serta kebahagiaan jiwa dan raga harus selalu menjadi perhatian utama Anda. Manjakan diri Anda dengan perawatan spa sesekali, atau gunakan masker wajah setiap minggu untuk mengembalikan kelembapan yang hilang dan memulihkan kulit lelah seketika.

Lawan kekeringan selama bulan-bulan di musim panas dengan toner pembersih. Gunakan kapas yang telah terlebih dahulu direndam dalam toner, lalu usapkan ke seluruh wajah secara perlahan untuk menghapus sebum berlebih (sekresi minyak). Cara ini bukan hanya bagus untuk menenangkan kulit, namun juga membantu mengurangi kekeringan. Saat musim dingin tiba, gunakan lotion atau krim yang kaya tekstur untuk membantu kulit menahan kelembapan dan melindunginya dari lingkungan kering.

Enggan memanjakan atau merawat kulit kering membuat kulit menjadi kasar; ucapkan selamat datang pada penuaan dini. Memiliki pelembapan yang tepat dan cukup sangatlah penting demi menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi sepanjang hari.

Untuk menjaga kulit tetap sehat dan kenyal, selalu gunakan produk yang menyediakan perawatan pelembapan terbaik!

Facial Treatment Essence

Gunakan lotion dan krim yang mengandung bahan-bahan pendukung kelembapan dan hidrasi kulit. Apa pun jenis kulit Anda, PITERATM Essence ikonik kami akan membantu Anda memiliki Kulit Tampak Sebening Kristal.

Facial Treatment Mask

Perawatan intensif yang mengutamakan kelembapan untuk meningkatkan kondisi kulit Anda Manjakan kulit Anda dengan hidrasi tinggi agar tercipta Kulit Tampak Sebening Kristal.

R.N.A. POWER Radical New Age

Krim dengan bahan yang begitu melembapkan untuk memelihara dan melawan kekeringan pada kulit


Yumi Narasaki

Penulis Bidang Kecantikan dan Kosmetik

Sebagai penulis bidang kecantikan dan kosmetik, Narazaki secara aktif terlibat dalam penelitian di bidang ini, dan memiliki minat khusus pada bagaimana kecanggihan teknologi dan tren baru memengaruhi industri ini. Narazaki adalah bagian dari tim editor VOCE, publikasi ternama di Jepang, dan salah satu kontributor online produktif untuk situs web kecantikan. Dia juga telah menulis beberapa publikasi di bidang kecantikan. Di waktu luangnya, Narazaki menikmati kegiatan di luar ruang dan terutama sekali kamping.